Saturday, July 23, 2016

5 LANGKAH MUDAH MEMBUAT APLIKASI CRUD SEDERHANA DENGAN VB.Net + DATABASE MySQL

Hallo sahabat coding, bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya sobat?! hehehe... seperti biasa pada awal pembukaan pada setiap artikel yang saya buat, saya selalu menyapa sobat-sobat sekalian terlebih dahulu. Ya mungkin sudah kebiasaan saya untuk menyapa sobat-sobat sekalian. Hehehe..., ok, kita kembali ke topik.

Ok, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel buat sobat-sobat yang baru belajar tentang CRUD menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic Net + database MySQL. Nah, mungkin sebagian anda belum tahu apa itu CRUD dalam bahasa Pemrograman. CRUD adalah singkatan dari Create(Buat/Menyimpan), Read(Membaca/Menampilkan), Update(Memperbaharui), dan Delete(Menghapus). Nah pada kesempatan kali ini pulalah saya akan membagikan sebuah artikel tentang Membuat Aplikasi Sederhana dan lebih mudah dimengerti untuk yang baru belajar tentang CRUD Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic Net Atau Biasa Disingkan Dengan VB.Net, dan Databasenya Mysql. Sebenarnya untuk membuat aplikasi CRUD sederhana menggunkan MySQL ini, di internet banyak sekali referensinya. Misal CRUD VB.Net + database MySQL menggunakan MySQL Connector ODBC dan bisa juga menggunakan MySQL Connector Net. Namun disini saya akan menjelaskannya menggunakan MySQL Connector ODBC. 

Dan disini saya menggunakan Visual Studio 2010 dan OS yang saya gunakan adalah Windows 10. Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut ini 5 LANGKAH MUDAH MEMBUAT APLIKASI CRUD SEDERHANA DENGAN VB.Net + MySQL. Untuk lebih jelasna, silahkan anda ikuti 5 langkah turorialnya yang sudah saya rangkum di BAWAH INI :

Silahkan anda buka artikel diatas, dan silahkan anda baca. Pada langkah pertama ini anda akan diajarkan bagaimana cara membuat database MySQL untuk pemula dengan mudah dimengerti dan langsung diajarkan cara membuat koneksinya ke VB.Net menggunakan Connector ODBC.  Atau untuk lebih jelasnya, juga bisa klik DISINI.

Nah, setelah anda membaca langkah pertama diatas, untuk selanjutnya silahkan anda baca artikel langkah kedua ini dengan cara silahkan anda buka atau klik link pada langkah kedua ini, yaitu anda akan diajarkan bagaimana caranya menampilkan data pada tabel database MySQL tersebeut menggunakan VB.Net denga lebih mudah dimengerti. Atau untuk lebih jelasnya, juga bisa klik DISINI.

Untuk langkah ketiga ini, anda akan diajarkan bagaimana caranya membuat “Form Input(Save)” ke MySQL menggunakan Connector ODBC di VB.Net. Atau untuk lebih jelasnya, juga bisa klik DISINI.

Untuk langkah keempat ini hampir sama dengan langkah ke 3. Cuma hanya beda sedikit saja pada pengkodingan dalam sintak MySQL-nya saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda klik link artikel pada langkah keempat ini, dan silahkan anda baca. Caranya sangat simpel kok...!! hehehe... Atau untuk lebih jelasnya, juga bisa klik DISINI.

Nah, untuk yang langkah kelima ini, atau langkah yang terakhir ini, menurut saya ini adalah langkah yang paling simpel dari langkah-langkah yang sebelumnya. Karena hanya membutuhkan sedikit coding saja. Atau untuk lebih jelasnya, juga bisa klik DISINI

Ok, sekian dari saya tentang “5 LANGKAH MUDAH MEMBUAT APLIKASI CRUD SEDERHANA DENGAN VB.Net + DATABASE MySQL”, jika anda benar-benar membacanya dari langkah 1-5, insyaallah anda pasti akan lebih mudah mengerti tentang CRUD di VB.Net dengan database MySQL.

Sekian artikel ini saya bagikan kepada sobat-sobat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya hanya manusia biasa, yang tak luput dari kesalahan. Dan semoga bermanfaat. 

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik disini.

Salam sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: