Friday, July 1, 2016

#VB.NET PART 4 – TUTORIAL CARA MEMPOSISIKAN FORM KE TENGAH SAAT DI JALANKAN


Hallo sahabat Coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat?! J. Ok, kali ini saya akan membagikan tutorial tentang “VB.NET PART 4  – TUTORIAL CARA MEMPOSISIKAN FORM KE TENGAH SAAT DI JALANKAN”. Hmmmmm......, judulnya lumayan panjang ya sobat?! Hehehe...!! Ok, saya akan jelaskan sedikit tentang artikel saya ini, dimana biasanya kita membuat sebuah form baru pada VB.Net, pada saat di jalankan, biasanya posisi form kita akan berada agak keatas samping kiri! Nah, agar form kita akan terlihat profesional, maka lebih baik form kita pada saat di jalankan harusnya posisinya berada di tengah Desktop!.

Dan sebenarnya tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial saya sebelumnya dan saya harap anda sudah membaca artikel saya sebelumnya, yaitu tentang VB.NET PART 3  – TUTORIAL MEMBUAT TOMBOL HAPUS DAN KELUAR”. Dimana pada tutorial ini saya menggunakan Visual Studi 2010. Sebenarnya tutorial ini sangat simpel sekali, namun saya membuat tutorial ini bagi sahabat-sahabat yang baru belajar tentang Visual Basic Net. Ok, seperti biasa, tanpa basa basi lagi, berikut langkah-langkah tutorialnya : 

1. Silahkan anda buat sebuah project VB.Net baru, dengan nama terserah anda. Pada contoh ini, saya akan memberikan nama project saya dengan nama “Posisi Form”. Jika sudah membuat project VB.Net baru, kurang lebih hasilnya akan seperti gambar berikut :

2. Kemudian, akan terlihat pada project anda sebuah form baru dengan nama “Form1.vb”, dan silahkan aktifkan “Form1” anda dengan cara klik sekali pada form anda tersebut, kemudian silahkan anda lihat pada bagian “Properties”, dan silahkan anda cari “StartPosition->CenterScreen”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Setelah itu silahkan anda jalankan project anda, dan lihat hasilnya..., maka form anda akan berada pada posisi di tengah dekstop PC/Laptop anda saat project anda dijalankan.

4. Selesai.

Itulah sedikit tentang "VB.NET PART 4  – TUTORIAL CARA MEMPOSISIKAN FORM KE TENGAH SAAT DI JALANKAN". Untuk tutorial lanjutannya, silahkan klik Disini.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan tutorial saya ini, saya mohon ma'af, karna saya juga masih dalam tahap belajar. Dan semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: