Friday, July 1, 2016

#VB.NET PART 5 – TUTORIAL CARA MENGGANTI NAMA(RENAME) FORM


Hallo sahabat Coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat?! J. Ok, kali ini saya akan membagikan tutorial tentang “VB.NET PART 5  – TUTORIAL CARA MEMPOSISIKAN FORM KE TENGAH SAAT DI JALANKAN”. Ok, saya akan jelaskan sedikit tentang artikel saya ini, dimana fungsi dari mengganti nama form (Rename Form) adalah agar kita nantinya lebih mudah untuk memanggil form-form yang akan kita butukan untuk ditampilkan nantinya.

Dan sebenarnya artikel ini adalh lanjutan tentang artikel saya sebelumnya, yaitu tentang : “VB.NET PART 4  – TUTORIAL CARA MEMPOSISIKAN FORM KE TENGAH SAAT DI JALANKAN”. Ok, seperti biasa, tanpa basa basi lagi, berikut langkah-langkah tutorialnya : 

1. Silahkan anda buat sebuah project VB.Net terlebih dulu. Jika sudah, misalnya kurang lebih seperti ini :

2. Setelah itu, pada langkah 1 kita sudah mempunyai sebuah form baru dengan nama “Form1.vb”. kemudian misalnya kita ingin merubah nama dari “From1” menjadi “Form_Utama”! caranya : pada “Solution  Explorer” yang ada di bagian kanan project anda, klik kanan pada “Form1.vb -> Rename”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Maka hasinya akan seperti gambar ini :

4. Kemudian silahkan anda ganti sesuai keinginan anda. Namun pada contoh ini saya gani dengan nama “Form_Utama.vb”, kemudian tekan “Enter”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

Ctt : untuk “Name”, tidak boleh ada “Spasi”. Untuk memberikan pemisah, anda bisa menggunakan “Underscore(_)”. Dan untuk “Rename” Form, varus diikuti dengan extensi “.vb”.

5. Selesai.

Itulah sedikit tentang "VB.NET PART 5  – TUTORIAL CARA MENGGANTI NAMA(RENAME) FORM". Dan untuk tutorial lanjutannya, silahkan klik Disini.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan tutorial saya ini, saya mohon ma'af, karna saya juga masih dalam tahap belajar. Dan semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: