Friday, July 1, 2016

#VB.NET PART 7 – TUTORIAL CARA MENGATUR AGAR FORM PERTAMA YANG TAMPIL SAAT DIJALNKAN


Hallo sahabat Coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat?! J. Dimana sebelumnya kita sudah membahas tentang : “VB.NET PART 6  – TUTORIAL CARA MENAMBAH ATAU MEMBUAT FORM BARU”. Dan kali ini saya akan membagikan tutorial lanjutannya, yaitu tentang “VB.NET  PART 7  – TUTORIAL CARA MENGATUR AGAR FORM PERTAMA YANG TAMPIL SAAT DIJALNKAN”. Ok, saya jelaskan sedikit tentang tutorial saya kali ini, yaitu dimana biasanya bagi sobat yang baru belajar pemrograman VB.Net, dan kemudian misalnya sobat sudah membuat beberapa form, misalnya sobat sudah membuat 3 form, yaitu misalnya “Form_Login, Form_utama, dan Form_baru”, Misalnya seperti itu. Dan kemudian pada saat di jalankan yang tampil pertama kali adalah “Form_Utama”....!! Sedangkan sobat menginginkan pada saat dijalanakan, yang tampil adalah “Form_login”..., bukan “Form_Utama”...!! Disini, pada tutorial kali ini, saya masih menggunakan Visual Stusio 2010.

Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-lankahnya :

1. Pastikan anda sudah membuat beberapa “Form” ada project anda. Untuk sebagai contoh, misalkan anda sudah membuat 3 buah Form, yaitu “Form_login, Form_utama, Form_baru”. Kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut :

2. Setelah itu, pada bagian “Solution Explorer”, silahkan anda Double-Klik pada bagian “My Project”.

3. Setelah itu akan tampil tab project kita. Kemudian pada bagian “Application”, silahkan anda cari pada bagian “StarUp form”. Kemudian pada bagian “StarUp form” tersebut, silahkan anda ganti dengan form yang ingin anda jadikan form mana yang akan tampil pertama kali saat program anda di jalankan. Misalnya disini saya ingin form yang pertama kali tampil adalah “Form_login”, maka saya pilih “Form_login”. Kurang lebih settingan-nya seperti gambar berikut :

4. Setelah itu, silahkan anda jalankan program anda, dan lihat hasilnya.

5. Selesai

Itulah sedikit tentang "VB.NET  PART 7  – TUTORIAL CARA MENGATUR AGAR FORM PERTAMA YANG TAMPIL SAAT DIJALNKAN". Dan untuk tutorial selanjutnya, silahkan klik Disini.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan tutorial saya ini, saya mohon ma'af, karna saya juga masih dalam tahap belajar. Dan semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: