Saturday, July 2, 2016

#VB.NET PART 8 – TUTORIAL CARA MENAMBAHKAN GAMBAR PADA FORM


Hallo sahabat Coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat?! J. Dimana sebelumnya saya sudah membahas tentang : “VB.NET  PART 7  – TUTORIAL CARA MENGATUR AGAR FORM PERTAMA YANG TAMPIL SAAT DIJALNKAN”. Dan kali ini saya akan membagikan tutorial lanjutannya, yaitu tentang “VB.NET  PART 8  – TUTORIAL CARA MENAMBAHKAN GAMBAR PADA FORM”. Ok, saya jelaskan sedikit tentang tutorial saya kali ini, yaitu dimana biasanya bagi sobat yang baru belajar pemrograman VB.Net, dan  sobat ingin menambahkan sebuah gambar pada form sobat, apakah itu untuk background form.., atau hanya sekedar untuk menjadikan sebagai pelengkap saja pada form sobat, biar kelihatan lebih bagus dan menarik...!!!.

Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, dan disini pada tutorial kali ini, saya masih menggunakan Visual Stusio 2010. Berikut langkah-lankahnya : 

1. Silahkan anda buat sebuah form baru, dan silahkan anda “Rename” form anda tersebut sesuai keinginan anda. Untuk cara “Rename Form”, silahkan baca artiekl saya sebelumnya tentang “CARA RENAME FORM”. Disini sebagai contoh, form baru saya ini saya beri dengan nama “Form_login”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

2. Setelah itu, pada bagian “ToolBox” silahkan anda cari “PictureBox”, kemudian silahkan anda letakkan “PictureBox” tersebut pada form anda. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Setelah “PictureBox” anda tambahkan pada Form anda, kemudian untuk memasukkan gambar di “PictureBox” tersebut, silahkan anda klik tanda panah kecil bagian kanan atas yang ada pada “PictureBox” yang telah anda tambahkan tadi, sehingga akan tampil “PictureBox Tasks” dan silahkan anda pilih “ChoseImage”. Seperti gambar berikut :

4. Setelah itu akan tampil tab “Select Resource”. Kemudian pada tab “Select Resource” silahkan anda pilih “Local resource” dan klik “Import...”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

5. Setelah itu kita akan menuju ke Explorer kita. Kemudian silahkan anda pilih gambar sesuai keinginan anda. Setelah gambar di pilih silahkan klik “Open”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

6. Setelah gambar anda pilih, kemudian silahkan anda klik “Ok”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

7. Kemudian, untuk mengatur ukuran gambar yang anda pilih tadi pada form anda agar sesuai keinginan anda, silahkan anda klik lagi pada bagian panah kecil di bagian kanan atas “PictureBox” yang ada pada form anda, kemudian akan tampil lagi “PictureBox Tasks”. Pada “PictureBox Tasks”, silahkan anda atur pada bagian “Size Mode”. Silahkan anda atur sesuai keinginan anda, dan setelah itu silahkan anda lihat hasilnya.

8. Selesai.

Itulah sedikit tentang "VB.NET  PART 8  – TUTORIAL CARA MENAMBAHKAN GAMBAR PADA FORM". Dan untuk tutorial selanjutnya, silahkan klik Disini.

Sekian dari saya, apabila ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan tutorial saya ini, saya mohon ma'af, karna saya juga masih dalam tahap belajar. Dan semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

0 komentar: