Saturday, July 30, 2016

TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MEMBUAT SIMPAN(SAVE) KE DATABASE MYSQL



Hallo sabat coding, seperti biasa, saya sapa dulu. Bagaimana kabarnya sobat-sobat? semoga dalam keadaan sehat ya sobat! hehehe...., walaupun saat saya upload tutorial ini pada blog saya yang sederhana ini waktunya sudah tengah malam (yaitu pada jam 2 malam), tapi saya tetap masih semangat untuk berbagi ilmu buat sobat-sobat coding sekalian yang ingin belajar pemrograman...., terutama pemrograman Java.

Ok, kembali ke topik, kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial yang masih mengenai bahasa pemrograman Java, yaitu tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MEMBUAT SIMPAN(SAVE) KE DATABASE MYSQL”. Dimana tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial saya sebelumnya yaitu tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MENAMPILKAN DATA YANG ADA DI DATABASE MYSQL”. 

Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkah tutorialnya :

1. Silahkan anda buat dulu sebuah database MySQL dengan nama “db_contoh”, dan didalam database tersebut buatlah sebuah tabel dengan nama “tabel_barang” dengan 4 field, yaitu “kode_barang, nama_barang, tgl_masuk, harga”. Dan silahkan anda isi beberapa data pada “table_barang” tesebut sesuai keinginan anda. Untuk lebih jelasnya tentang cara mudah membuat database MySQL, silahkan klik DINISI. Kurang lebih database anda seperti gambar berikut :

2. Selanjutnya, saya harap anda sudah membaca artikel sebelumnya, yaitu tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MENAMPILKAN DATA YANG ADA DI DATABASE MYSQL” (silahkan anda baca terlebih dulu). Jika anda sudah membaca artikel “cara menampilkan data database MySQL ke Java Netbeans” tersebut, dimana artikel tersebut saya sudah membuat sebuah form dengan nama “form_data_barang”. Kurang lebih hasil disain “form_data_barang” tersebut adalah seperti gambar berikut :

3. Setelah langkah 2 sudah anda lakukan, selanjutnya silahkan anda tambah disain pada “form_data_barang” seperti gambar berikut :

4. Setelah itu silahkan anda Rename setiap komponen yang baru anda tambahkan tadi pada “form_data_barang” seperti seperti tabel berikut :

5. Kemudian, silahkan anda klik kanan pada button “Simpan” dan pilih “Evens -> Action -> actionPerformed....”.

6. Kemidian pada button “Simpan” silahkan ketikkan koding seperti gambar berikut:

7. Kemudian lakukan lagi langkah 5 untuk button “Reset”, kemudian silahkan ketikkan koding seperti gambar berikut :

8. Setelah itu silahkan anda jalankan program anda. Jika berhasil, maka hasilnya akan seperti gambar berikut :

9. Selesai.

Jika anda masih bingung dengan tutorial di atas, berkut di bawah ini saya sertakan video tutorial-nya :

Bagi sobat yang ingin download video tutorial diatas, untuk langkah-langkahnya silahkan klik DISINI. Dan berikut juga saya sertakan SourceCodenya, untuk mendownload SourceCode yang sudah jadinya, silahkan klik DISINI.

Sekian artikel tutorial ini saya bagikan kepada sobat-sobat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya masih dalam tahap belajar juga. Heheheee...!! Dan semoga bermanfaat.

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik disini. 

Seperti biasa, tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Programer di Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.

Salam Sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: