Friday, July 29, 2016

TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MENAMPILKAN DATA YANG ADA DI DATABASE MYSQL



Hallo sahabat coding, jumpa lagi dengan saya joncode1990.blogspot.com. Bagaimana kabarnya sobat? semoga baik-baik saja ya sobat. Ok, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MENAMPILKAN DATA YANG ADA DI DATABASE MYSQL. Ok, seperti biasa tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-lankahnya :

1. Silahkan anda buat dulu sebuah database MySQL dengan nama “db_contoh”, dan didalam database tersebut buatlah sebuah tabel dengan nama “tabel_barang” dengan 4 field, yaitu “kode_barang, nama_barang, tgl_masuk, harga”. Dan silahkan anda isi beberapa data pada “table_barang” tesebut sesuai keinginan anda. Untuk lebih jelasnya tentang caramudah membuat database MySQL, silahkan klik DINISI. Kurang lebih database anda seperti gambar berikut :

2. Setelah itu, pastikan anda sudah mempunyai/membuat sebuah Project Baru Java dengan NetBeans. Misalnya anda mempunyai/membuat sebuah project Java dengan nama “Aplikasi Contoh 2”. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat Project Java Baru dengan Netbeans, silahkan klik DISINI.

3. Setelah itu, silahkan anda buat koneksi ke database MySQL menggunakan Java Netbeans. Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan Cara MudahMembuat Koneksi ke Database MySQL menggunakan Java Netbeans. Untuk lebih jelasnya cara membuat koneksi ke MySQL menggunakan Java Netbeans, silhakan klik DISINI. Setelah anda sudah membuat sebuah Project Baru Java Netbeans, dan anda juga sudah membuat Koneksi ke MySQL, kurang lebih project Java Netbeans anda akan seperti gambar berikut :

4. Setelah itu, silahkan anda tambahkan sebuah form baru dengan nama terserah anda. Pada tuutorial ini, saya memberi nama form yang akan saya tambahkan dengan nama “form_data_barang”, kemudian silahkan anda disain “form_data_barng” seperti gambar berikut :

5. Kemudian silahkan anda “Rename” Tabel yang anda tambahkan pada “form_data_barane” tadi dengan cara klik kanan pada Tabel, kemudian pilih “Change  Variable Name...”.

6. Kemudian, akan tampil tab “Rename”, dan silahkan anda ganti dengan “table_barang”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

7. Setelah itu, pada “form_data_barang”, silahkan anda ketikkan koding seperti gambar berikut :

8. Kemudian silahkan anda jalankan programan anda. Jika berhasil, maka hasilnya kurang lebih seperti gambar brikut :

9. Selesai.

Jika anda masih bingung dengan tutorial di atas, berkut di bawah ini saya sertakan video tutorial-nya :

Bagi sobat yang ingin download video tutorial diatas, untuk langkah-langkahnya silahkan klik DISINI. Dan untuk tutorial selanjutnya, silahkan anda baca tutorial tentang "TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MEMBUAT SIMPAN(SAVE) KE DATABASE MYSQL".

Sekian artikel ini saya bagikan kepada sobat-sobat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya hanya manusia biasa, yang tak luput dari kesalahan. Dan semoga bermanfaat.

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik disini. Dan berikut juga saya sertakan SourceCodenya, untuk mendownload SourceCode yang sudah jadinya, silahkan klik DISINI.

Tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.

Salam sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: