Friday, July 29, 2016

CARA MUDAH KONEKSI DATABASE MYSQL KE JAVA NETBEANS


Hallo sahabat coding, jumpa lagi dengan saya joncode1990.blogspot.com. Bagaimana kabarnya sobat? semoga baik-baik saja ya sobat. Ok, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MEMBUAT KONEKSI KE DATABASE MYSQL”. Sebenarnya artikel tentang tutorial koneksi java netbeans ke MySQL banyak sekali bertebaran di internet. Namun pada artikel ini saya buat berdasarkan menurut versi saya sendiri dan saya buat dengan sesederhana mungkin.

Ok, seperti biasa tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-lankahnya : 

1. Silahkan anda buat dulu sebuah database MySQL dengan nama “db_contoh”. Untuk lebih jelasnya tentang cara mudah membuat database MySQL, silahkan klik DINISI.

2. Setelah itu, pastikan anda sudah mempunyai/membuat sebuah Project Baru Java dengan NetBeans. Misalnya anda mempunyai/membuat sebuah project Java dengan nama “Tes Koneksi”. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat Project Java Baru dengan Netbeans, silahkan klik DISINI.

3. Setelah itu, silahkan anda tambahkan sebuah “Class” baru pada Project Java “Tes Koneksi” yang yang anda buat tadi. Untuk lebih jelasnya tentang cara mudah menambahkan Class baru pada Java Netbeans, silhakan klik DISINI. Jika sudah menambahkan sebuah class baru, kurang lebih hasilnya akan seperti gambar berikut :

4. Kemudian silahkan anda tambahkan sebuah Library baru pada project anda dengan cara klik kanan pada “Libraries - Add Library...”

5. Kemudian akan tampil tab “Add Library”, dan silahkan anda pilih “MySQL JDBC..” dan klik “Add Library”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

6. Setelah anda menambahkan Library “MySQl JDBC”, kemudian silahkan anda kembali ke class “koneksi_mysql”, dan silahkan anda ketikkan koding seperti gambar berikut :

7. Setelah itu, untuk mencoba tes koneksinya, silahkan anda tambahkan sebuah Form baru dengan nama “form_tes_koneksi”. Untuk lebih jelasnya tentang cara membuat form baru pada Java Netbeans, silahkan klik DISINI. Dan silahkan anda disain form anda kurang lebih seperti gambar berikut :

8. Setelah itu, silahkan anda klik kanan pada button “TES KONEKSI”, kemudian pilih “Events-Actions-ActionsPerformed....”. kurang lebih seperti gambar berikut :

9. Kemudian, silahkan anda ketikkan koding berikut :

10. Kemudian silahkan anda jalankan prorgam anda. Jika berhasil, hasilnya akan seperti gambar berikut :

11. Selesai.

Jika anda masih bingung dengan tutorial di atas, berkut di bawah ini saya sertakan video tutorial-nya :

Bagi sobat yang ingin download video tutorial diatas, untuk langkah-langkahnya silahkan klik DISINI. Untuk tutorial selanjutnya, silahkan anda baca tutorial tentang "TUTORIAL JAVA NETBEANS - CARA MUDAH MENAMPILKAN DATA YANG ADA DI DATABASE MYSQL"

Sekian artikel ini saya bagikan kepada sobat-sobat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya hanya manusia biasa, yang tak luput dari kesalahan. Dan semoga bermanfaat.

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik disini. 

Tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.
Previous Post
Next Post

0 komentar: