Friday, July 22, 2016

TUTORIAL VB.Net - CARA MEMBUAT FORM SIMPAN(INPUT) KE DATABASE MYSQL MENGGUNAKAN CONNECTOR ODBC


Hallo sahabat koding, bagaimana kabarnya..? semoga baik-baik saja y sobat. Ok, kali ini saya akan menlanjutkan artikel saya sebelumnya, dimana artikel sebelumnya saya menjelaskan tentang “CARA MENAMPILKAN DATABASE MYSQL KE VB.Net MENGGUNAKAN CONNECTOR ODBC”. Dan kali ini saya akan membahas lanjutannya, yaitu tentang “TUTORIAL VB.NET - CARA MEMBUAT FORM SIMPAN(INPUT) KE MYSQL MENGGUNAKAN CONNECTOR ODBC”. Judul-judulnya panjang-panjang banget ya sobat...?! hehehehe..., maklum.., soalnya saya bingung harus kasih judul apa artikel saya ini.

Disini, pada tutorial kali ini saya masih menggunakan Visual Studio 2010, dan OS saya adalah Windows 10. Ok, seperti biasa tanpa basa-basi lagi, supaya sobat-sobat tidak bosan, berikut langkah-langkahnya : 

1. Pastikan anda sudah membaca artikel sbelumnya, yaitu tentang “CARA MENAMPILKAN DATABASE MYSQL KE VB.Net MENGGUNAKAN CONNECTOR ODBC”. Dimana pada artikel tersebut kita sudah membuat sebuah form dengan nama “Form1” yang hasilnya jika dijalankan programnya kurang lebih seperti gambar berikut :

2. Kemudian pada “Form1” tersebut silahkan anda tambahkan sebuah button “Tambah”. Kurang lebih hasilnya seperti gambar di bawah ini :

3. Kemudian, pada “Form1” silahkan anda double klik pada button “Tambah”, kemudian tambahkan koding seperti gambar berikut :

4. Kemudian silahkan anda tambahkan sebuah form baru dengan nama “Form_Input”. Bagi sobat yang belum tahu cara menambahkan Form baru, untuk cara menambahkan form baru, silahkan klik DISINI. Kemudian silahkan anda disain “Form_Input” seperti gambar berikut :

5. Kemudian silahkan anda “Rename” setiap tool-tool yang ada pada “Form_Intput” seperti tabel di bawah ini :

6. Kemudian, silahkan anda double klik pada “Form_Input”.

7. Kemudian, pada tempat pengkodingan “Form_Input”, silahkan anda ketikkan koding betikut :

8. Kemudian silahkan anda kembali ke “Form_Input(design)”, dan silahkan anda double klik pada button “Simpan”.

9. Kemudian pada button “Simpan” silahkan anda ketikkan koding pemanggilan “Sub simpan”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

10. Kemudian silahkan anda kembali lagi ke “Form_Input(design)”, silahkan anda dowuble klik pada button “Batal”, kemudian silahkan anda ketikkan koding seperti gambar berikut :

11. Sekarang silahkan anda jalankan program anda dan silahkan anda lihat hasilnya. Somoga berhasil ya sobat.

12. Selesai.

Dan bagi sobat masih bingung dengan tutorial diatas, berikut saya sertakan Video Tutorialnya di bawah ini :

Bagi sobat yang ingin download video tutorial diatas, silah klik DISINI.

Bagi sobat yang ingin download SourceCode yang sudah jadinya, silah klik DISINI.

Sekian artikel ini saya bagikan kepada sobat-sobat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya hanya manusia biasa, yang tak luput dari kesalahan. Dan semoga bermanfaat. 

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik disini.

Dan bagi anda yang ingin diskusi tentang “Pemrograman Java, C++ dan PHP" silahkan gabung di group FB "Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia". 

Salam sukses.
Previous Post
Next Post

2 comments: