Thursday, August 11, 2016

TUTORIAL PEMROGRAMAN PHP - CARA MEMBAGI/MEMECAH TEXT STRING

Masih tentang bahasa pemrograman, tentang "TUTORIAL PEMROGRAMAN PHP - CARA MEMBAGI/MEMECAH TEXT STRING", adalah salah satu cara agar kita bisa mengambil hanya beberapa kata ataupun hanya beberapa digit huruf saja. Untuk tutorial kali ini, cara memecah/membagi Text menjadi beberapa bagian, didalam bahasa pemrograman rata-rata hampir sama, yaitu sama-sama menggunakan sintak "substring". Hanya saja posisi penempatan sintak "substring" tersebut saja yang sedikit berbeda, tergantung bahasa pemrogramannya. Dimana sebelumnya saya sudah membuat artikel tentang "TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA AGAR TEXTFIELD HANYA BISA MENGINPUTKANANGKA SAJA", dan pada tutorial tersebut, hampir sama cara penggunaannya.

Ok, seperti biasa, tanpa basa, basi lagi, berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan anda buat sebuah file dengan nama "membagi_text.php", dan jangan lupa anda simpan di c://xampp/htdoct.

2. Kemudian, untuk sebagai contoh, saya membuat sebuah Variabel String "kata" dengan nilai variabel terebut adalah "JONI HERIANTO". Kemudian dari nilai variabel tersebut saya ingin mengambil kata "JONI" ataupun kata "HERIANTO" saja. Untuk lebih jelasnya silahkan anda ketikkan koding pada file "membagi_text.php" yang anda buat tadi seperti gambar berikut :

3. Kemudian silahkan anda jalankan file.php anda di browser anda. Jika berhasil, maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

Jika anda masih bingung dengan tutorial di atas, berkut di bawah ini saya sertakan video tutorial-nya :

Bagi sobat yang ingin download video tutorial diatas, untuk langkah-langkahnya silahkan klik DISINI.

Sekian artikel ini saya bagikan kepada anda, salah dan kurangnya dalam penulisan artikel saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya juga masih dalam tahap belajar. Semoga bermanfaat. 

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik DISINI.

Tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Programer di Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.

Salam sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: