Wednesday, August 3, 2016

TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MEMBUAT TOMBOL DELETE KE DATABASE MYSQL MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS


Hallo sahabat koding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-bai saja ya sobat. Ok kali ini saya akan melanjutkan artikel saya sebelumnya, dimana artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAHMEMBUAT TOMBOL UPDATE KE DATABASE MYSQL”. Dan kali ini saya akan melanjutkan artikel tersebut, yaitu tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – BAGAIMANA CARA MEMBUAT TOMBOL DELETE DENGAN DATABASE MYSQL”.

Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya : 

1. Pastikan anda sudah membaca artikel saya sebelumnya, yaitu tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA MUDAH MEMBUAT TOMBOL SIMPAN KE DATABASE MYSQL” Setelah anda membaca artikel tersebut, kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut :

2. Kemudian, seilahkan anda tambahkan sebuah Button “Delete” pada form anda. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Setelah itu silahkan anda klik kanan pada button “Delete” dan pilih “Events -> Action -> actionPerformed...”. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini :

4. Kemudian, silahkan anda ketikkan koding untuk button “Delete” seperti gambar berikut :
Keterangan :
- Koding pada baris ke “322” pada bagian “t_kode_barang”, itu adalah nama dari TextField pada “form_data_barang”.
- Koding pada baris ke “326” pada bagian “tabel_barang”, itu adalah nama dari tabel database mysql.
- Koding pada bari ke “326” pada bagian “kode_barang”, itu adalah primaryKey yang ada pada tabel database mysql.

5. Setelah itu, silahkan anda jalankan program anda, dan silahkan anda klik salah satu data yang ada pada tebel pada form_data_barang tersebut, kemudian silahkan anda kli tombol “Delete”. Jika anda berhasil, maka hasilnya akan seperti gambar berikut :

6. Selesai.

Jika anda masih bingung dengan tutorial di atas, berkut di bawah ini saya sertakan video tutorial-nya :

Bagi sobat yang ingin download video tutorial diatas, untuk langkah-langkahnya silahkan klik DISINI. Dan berikut juga saya sertakan SourceCodenya, untuk mendownload SourceCode yang sudah jadinya, silahkan klik DISINI.

Sekian artikel tutorial ini saya bagikan kepada sobat-sobat, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya masih dalam tahap belajar juga. Heheheee...!! Dan semoga bermanfaat.

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik disini.

Tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Programer di Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.

Salam Sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: