Wednesday, August 3, 2016

6 LANGKAH MUDAH MEMBUAT APLIKASI CRUD SEDERHANA MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS + DATABASE MYSQL


Artikel tentang “6 LANGKAH MUDAH MEMBUAT APLIKASI CRUD SEDERHANA MENGGUNAKAN BAHASA JAVA + DATABASE MYSQL” ini saya buat bagi anda yang baru belajar bahasa pemrograman Java dan databasenya MySQL. Aplikasi CRUD(Crate, Read Update, Delete) ini sebenarnya sudah banyak sekali referensinya di internet. Namun disini saya membagikan kepada anda, karena pada group diskusi “Programer Java, C++, dan PHP Indonesia” di facebook yang saya kelola, masih banyak yang bertanya tentang hal itu. Maka dari itu saya berinisiatif untuk membuat tutorial CDRUD ini sendiri dengan lebih sedehana dan mudah dipahami. Dan di artikel ini juga saya sudah menyertakan SourceCodenya, agar anda bisa menjadikannya referensi untuk kemudian hari. Aplikasi CRUD dengan bahasa Java + database MySQK ini sebenarnya adalah berbasis Desktop.

Ok, kita kembali ke topik. Seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, untuk anda yang ingin megetahui tentang Cara membuat aplikasi CRUD sederhana menggunakan bahasa Java + Database MySQL, barikut langkah-langkahnya : 

Hal pertama untuk membuat aplikasi CRUD sederhana menggunakan bahasa Java + database MySQL adalah membuat database MySQL. Untuk cara mudah membuat database MySQL, silahkan klik DISINI.

Setelah membuat database MySQL, langkah selanjutnya adalah membuat koneksi ke database MySQL menggunakan bahasa Java. Untuk membuat koneksi ke database MySQL dengan mudah menggunakan bahasa Java, silahkan klik DISINI.

Langkah selanjutnya, bagaimana caranya menampilkan data yang ada di database MySQL ke Form(ke tabel dalam form) menggunakan bahasa java. Untuk mengetahui cara menampilkan database MySQL ke Form menggunakan bahasa Java, silahkan klik DISINI.

Untuk langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya meyimpan data ke Database MySQL menggunakan bahasa java. Untuk mengetahui bagaimana cara mudah membuat Save(simpan) data ke database MySQL menggunakan bahasa Java, silahkan klik DISINI.

Setelah anda mengetahui cara menyimpan data ke database MySQL menggunakan bahasa Java, selanjutnya bagaimana caranya agar data yang sudah tersimpan ke database MySQL tersebut bisa dirubah(update). Untuk mengetahui cara mudah update data database MySQL menggunakan bahasa Java, silahkan klik DISINI.

Langkah selanjutnya, setelah anda bisa menampilkan data, simpan data, update data ke database MySQL, untuk selanjutnya adalah bagaimana caranya menghapus(delete) data yang ada di database MySQL menggunakan bahasa Java. Untuk mengetahui cara mudah delete data database MySQL menggunakan bahasa java, silahkan klik DISINI.

Setelah anda membaca 6 Langkah Mudah Membuat Aplikasi CRUD Sederhana Menggunakan Bahasa Java + Database MySQL tersebut, saya rasa anda sudah bisa membuat aplikasi-aplikasi CRUD lainnya menggunakan bahasa Java sesua selera anda. Untuk referensi, silahkan anda download SourceCode aplikasi CRUD sederhana menggunakan bahasa Java + database MySQL yang sudah saya uploda DISINI.

Sekian artikel ini saya bagikan kepada anda, salah dan kurangnya dalam penulisan artikel saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya juga masih dalam tahap belajar. Dan semoga bermanfaat. 

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik DISINI.

Tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Programer di Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”. 

Salam sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: