Monday, August 8, 2016

TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA AGAR POSISI FORM DITENGAH LAYAR SAAT RUNING


Hallo sahabat koding, bagaimana kabarnya? Semoga masih dalam keadaan baik ya sahabat. Ok, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial tentang “TUTORIAL JAVA NETBEANS – CARA AGAR POSISI FORM DITENGAH LAYAR SAAT RUNING”. Dimana tutorial ini sebenarnya saya peruntukkan bagi anda yang baru belajar pemrograman java, dan ingin agar posisi form yang anda buat posisinya ditengah layar pada saat program dijalankan. Sebenarnya tutorial ini sangatlah simple, namun akan terasa dibutuhkan dan akan terasa sulit bagi kita yang baru belajar pemrograman java. Dimana tutorial ini berdasarkan pengalaman saya waktu awal-awal belajar pemrograman java, dan ingin membuat form yang saya buat dengan Java di Netbeans ini sangat membingungkan saya. Namun setelah saya cari-cari di Google, akhirnya ketemu juga.

Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya :

1. Pastikan anda sudah membuat sebuah form, kurang lebih seperti gambar berikut :

2. Kemudian, pada form tersebut, silahkan klik “Source” pada bagian atas form tersebut. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Setelah itu, silahkan koding anda sehinga seperti gambar berikut :

4. Kemudian, silahkan anda jalankan programn anda dan lihat hasilnya.

5. Selesai.

Jika anda masih bingung dengan tutorial di atas, berkut di bawah ini saya sertakan video tutorial-nya :

Bagi sobat yang ingin download video tutorial diatas, untuk langkah-langkahnya silahkan klik DISINI.

Sekian artikel ini saya bagikan kepada anda, salah dan kurangnya dalam penulisan artikel saya ini, saya mohon ma'af. Karena saya juga masih dalam tahap belajar. Semoga bermanfaat.

Untuk membaca artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman" silahkan klik DISINI.

Tambahan dari saya, bagi sobat-sobat yang ingin bergabung di group Programer di Facebook, silahkan gabung di Group Facebook “Forum Programer Java, C++ dan PHP Indonesia”.

Salam sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: